Wednesday, September 21, 2005 By: adedepok

hadits2 tentang puasa ....

1. Barangsiapa berpuasa ramadhan dengan keimanan dan mengharap pahala (keridhoan) Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu. (HR. Bukhari)
2. Allah 'Azza wajalla mewajibkan puasa ramadhan dan aku mensunnahkan shalat malam harinya. Barangsiapa berpuasa dan shalat malam dengan mengharap keridhoan Allah, maka dia keluar dari dosanya seperti bayi yang baru dilahirkan ibunya. (HR. Ahmad)
3. Rasulullah SAW menaiki mimbar untuk berkhotbah. Menginjak anak tangga pertama, beliau mengucapkan, "Aamin". Begitu pula anak tangga kedua dan ketiga. Seusai shalat para sahabat bertanya, "Mengapa Rasulullah mengucapkan 'Aamin'?" Beliau lalu menjawab, "Malaikat Jibril datang dan berkata, 'Kecewa dan merugi seseorang bila namamu disebut dan dia tidak mengucapkan shalawat atasmu.'" Lalu aku berucap "Aamin". Kemudian malaikat berkata lagi, "Kecewa dan merugi orang yang berkesempatan hidup bersama kedua orang tuanya tetapi dia tidak bisa masuk surga." Lalu aku mengucapkan, "Aamin". Lalu katanya lagi, "Kecewa dan merugi orang yang berkesempatan hidup pada bulan Ramadhan tetapi tidak terampuni dosa-dosanya." Lalu aku mengucapkan "Aamin". (HR. Ahmad)
4. Bau mulut seorang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah pada hari kiamat dari harumnya misik (sejenis minyak wangi paling harum di dunia).
5. Makanlah waktu sahur, sesungguhnya makan waktu sahur menyebabkan berkah. (HR. Mutafaq 'alaih)
6. Manusia tetap berkondisi baik selama mereka tidak menunda-nunda berbuka puasa. (HR. Bukhari)
7. Barang siapa tidak dapat meninggalkan ucapan dan perbuatan dusta waktu berpuasa, maka Allah tidak membutuhkan lapar dan hausnya. (HR.Bukhari)
8. Barang siapa shalat pada malam Lailatul Qodar dengan keimanan dan harapan pahala dari Allah maka akan terampuni dosa-dosanya yang terdahulu. (HR. Bukhari)
9. Mungkin hasil yang diraih seorang shoim hanyalah lapar dan haus dan mungkin hasil yang dicapai seorang yang shalat malam hanyalah berjaga. (HR. Ahmad dan Al-Hakim)
10. Barang siapa memberi makan pada orang yang berbuka puasa maka dia memperoleh pahalanya, dan pahala bagi yang menerima makanan (berpuasa) pahalanya tidak dikurangi sedikit pun. (HR. Attirmidzi)
11. Tidaklah termasuk kebajikan orang yang tetap berpuasa dalam perjalanan (musafir). (HR. Bukhari)
12. Barangsiapa berpuasa sehari tanpa rukshah (alasan yang dibenarkan) atau sakit, maka tidak akan dapat ditebus dosanya dengan berpuasa seumur hidup. (HR. Bukhari dan Muslim)
13. Barangsiapa berpuasa ramadhan penuh lalu diikuti berpuasa 6 hari dalam dalam bulan syawal, maka dia seperti berpuasa seumur hidup. (HR. Muslim)

0 comments: